PT. MITRA KERINCI

Posted: 21 Januari 2013 in Uncategorized

PT MITRA KERINCI
Berkedudukan di Kota Padang, Sumatera Barat merupakan anak perusahaan dari PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI Group) yang mengelola perkebunan dan dua pabrik teh yaitu pabrik teh hijau dan teh hitam. PT Mitra kerinci berdiri pada 17 Juli 1990 dengan nama PT Perkebunan Mitra Kerinci yang merupakan usaha patungan antara PTP VIII (Sekarang PTPN IV) dengan PT RNI. Tahun 1992 berganti nama menjadi PT Mitra Kerinci dan sejak 1 Desember 1998 seluruh saham dimiliki oleh PT RNI.
KEBUN LIKI
Terletak di desa Sungai Lambai, Kecamatan Lubuk Gadang-Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Secara geografis lokasi kebun berada pada 10 43’ LS dan 1010 17’ BT (166 Km dari Kota Padang), pada ketinggian 900-1200 dpl, dimana suhu berkisar 18-29 0C, dengan penyinaran matahari yang mencukupi dan curah hujan hampir sepanjang tahun (4.100 mm/Tahun), sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman teh yang ideal. Berada di lereng gunung kerinci dan berdampingan dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) sebagai konservasi hutan hujan tropis, serta dilandasi komitmen kuat ke arah sistem produksi hijau yang berkelanjutan sehingga produk teh Kebun Liki dijamin murni, sangat alami dan bebas dari berbagai polusi. Dalam areal HGU seluas 2.025 Ha, terbentang areal tanaman teh dengan klon unggul generasi terbaru seluas 1.470 Ha. Sisanya merupakan areal konservasi hutan asli (sebagai konservasi sumber air) dan hutan produksi kayu sebagai sumber energi utama (bahan bakar berkelanjutan) untuk keperluan pabrik teh. Lingkungan yang masih sangat alami dan terjaga dengan baik itulah nilai lebih dari Kebun Liki yang mungkin sudah jarang dimiliki lagi oleh kebun teh lain di indonesia.
PRODUK TEH
PT Mitra Kerinci memiliki 2 unit pabrik teh, yaitu 1 unit Pabrik Teh Hijau dan 1 unit Pabrik Teh Hitam, masing-masing dengan kapasitas produksi sekitar 2 juta kilogram teh kering pertahun. Pabrik Teh Hijau dengan 3 grade mutu ekspor (Pekoe Super) dan 1 grade mutu lokal (Broken Mix), sementara Pabrik Teh Hitam menghasilkan 17 grade teh hitam (Common grade/Broken orthodox) mulai dari Orange Pekoe 1 sampai Broken Mix.
Teh Hijau produksi Kebun Liki telah dikenal berkualitas tinggi (pernah meraih juara pada Tea Festival 2003 di Bandung) dengan pasar utama untuk ekspor baik secara langsung maupun melalui trader/packer teh ternama. Begitu pula dengan produk teh hitam, sebagian besar ditujukan untuk pasar ekspor (Timur Tengah, Pakistan, Taiwan). Selain dalam bentuk Bulk (karungan/paper sack), PT Mitra Kerinci juga membuat produk teh kemasan untuk pasar eceran domestik, baik teh seduh maupun teh celup (Kerinci Tea, Teh Minang, Liki Tea).

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s